RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAKARYA
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 3 : Perubahan di Alam
Sub Tema 2 : Perubahan Iklim dan Cuaca
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1
|
:
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.9 Mengidentifikasi informasi berdasarkan teks berjudul Cuaca dan Kegiatan Manusia.
3.1.10 Menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan teks Cuaca dan Kegiatan Manusia.
4.1.11 Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat.
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.14 Menentukan perbandingan data menggunakan tabel grafik batang, dan grafik lingkaran.
4.11 Mengumpulkan, mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.14.1 Mengidentifikasi data yang terdapat dalam tabel sederhana.
4.11.1 Melengkapi tabel sederhana berdasarkan data yang sudah diperoleh.
SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Membedakan pola irama rata dan bervariasi lagu bertanda birama enam.
4.7 Menyanyikan lagu ana-kanak bertanda birama enam sesuai dengan isi lagu.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.3 Menirukan pola irama rata dari sebuah lagu bertanda birama enam.
4.7.1 Memperagakan tepuk birama enam.
4.7.2 Menyanyikan lagu anak-anak bertanda birama enam dengan mandiri.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu mengidentifikasi informasi dalam teks.
Dengan membaca teks siswa mampu menjawab pertanyaan.
Siswa mampu menceritakan kembali isi teks.
Dengan mendengarkan penjelasan guru siswa mampu menirukan pola irama rata dari sebuah lagu bertanda birama enam.
Dengan mendengar penjelasan guru siswa mampu memperagakan tepuk birama enam.
Dengan berlatih siswa mampu menyanyikan lagu anak-anak bertanda birama enam.
Dengan mengamati tabel yang ditampilkan siswa mampu menemukan informasi yang terdapat di dalamnya.
E. MATERI PEMBELAJARAN
Hakikat cuaca
CUACA
Mengidentifikasi ciri cuaca cerah, mendung, berawan dan hujan
Ketika cuaca cerah, matahari bersinar sehingga suhu udara menjadi panas.
Cuaca berawan terjadi ketika awan berkumpul menutupi sinar matahari. Kondisi udara tidak terlalu panas.
Saat cuaca mendung, hindari bermain di tempat terbuka. Cuaca mendung merupakan pertanda akan turun hujan. Langit berwarna kelabu dan biasanya udara terasa agak panas.
Ketika hujan, biasanya udara terasa dingin. Rintik air mulai turun.
Lagu ‘Kulihat Awan’ yang mengisahkan aktifitas ketika cuaca berawan
Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam table
F. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Kooperatif learning
Metode : diskusi, tanya jawab, dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan Iklim dan Cuaca”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi mengatur tempat duduk secara berkelompok, penjelasan, berdiskusi, presentasi dan membuat kesimpulan.
|
10 menit
|
Inti
|
Setelah siswa duduk secara berkelompok, siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat cuaca
Siswa menyaksikan tayangan prakiraan cuaca
Siswa mengidentifikasi beberapa jenis cuaca yang terdapat dalam tayangan video prakiraan cuaca tersebut.
Guru menberikan informasi tentang simbol simbol cuaca
Siswa melengkapi table cuaca yang telah disiapkan guru secara bergiliran.
Siswa membaca teks berjudul “Cuaca dan Kegiatan Manusia”
Setiap kelompok membuat 2 pertanyaan dan jawabannya , kata tanya setiap kelompok berbeda ( mis: kel1 mengunakan kata tanya“apa”, kel 2 mengunakan kata tanya “siapa”, dst)
Setiap kelompok saling bertanya jawab dipandu oleh guru, setiap jawaban yang benar mendapat bintang.
Siswa mengerjakan soal latihan pemahaman teks secara individu
Guru menjelaskan salah satu pekerjaan yang bergantung pada kondisi cuaca adalah bertani. (Mengkomunikasikan)
Guru memperlihatkan contoh tabel sederhana yang menunjukan data hasil pertanian dan mengajukan pertanyaan pembuka pada siswa.
Siswa mengamati contoh tabel yang disajikan dan menjawab pertanyaan pembuka guru, seperti:
– menjelaskan tentang apakah tabel tersebut?
– apa arti data yang ditunjuk oleh guru?
Pengetahuan untuk Guru:
Tabel merupakan daftar yang berisi sejumlah informasi dan disajikan dalam bentuk baris dan kolom. Umumnya tabel berisi kata dan bilangan. (Mengamati) dan (Mengkomunikasikan)
Siswa membaca tabel yang terdapat dalam buku teks dan mengisi tabel yang tersedia.
Siswa dan guru membahas jawaban yang tepat bersama-sama. (Mengkomunikasikan)
Siswa mengisi data hasil panen setiap hari berdasarkan table pada tempat yang tersedia. (Mengekplorasi)
Siswa mengerjakan soal mengenai tabel
Guru berkeliling untuk memastikan konsep yang dikuasai siswa dan mengklarifikasi konsep yang belum tepat.
Siswa mengingat kembali tepuk birama enam dan memperagakannya. (Mengkomunikasikan)
Guru memperkenalkan salah satu lagu berbirama enam, berjudul “Kulihat Awan” dan mencontohkan cara menyanyikannya.
Siswa berlatih menyanyikan lagu Kulihat awan secara bersama-sama. (Mengekplorasi)
Setiap kelompok berlatih menyanyikan lagu Kulihat awan diiringi tepuk birama enam menggunakan tepukan tangan dan pukulan meja. (Mengekplorasi)
Setiap kelompok mempresentasikan lagu berdayung diiringi tepuk birama enam dari benda-benda di sekitar mereka.
Guru memberikan apresiasi kepada kelompok yang memiliki penampilan terbaik.
|
190 menit
|
Penutup
|
Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada per temuan berikutnya.
Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
H. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Guru dan Buku Siswa Tema : ”Perubahan Alam” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
Gambar simbol cuaca, contoh table dan teks lagu “Berdayung”.
Video prakiraan cuaca
I. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.. Penilaian Pengetahuan
· Menjawab pertanyaan mengenai cuaca dan kegiatan manusia
Bobot setiap jawaban tepat : 10
Nilai siswa : jumlah jawaban benar x 10
Nilai maksimal : 10 x 10 = 100
· Mengisi data hasil panen berdasarkan table
Bobot setiap jawaban tepat 20
Nilai siswa : jumlah jawaban benar x 20
Nilai maksimal : 5x20 =100
· Melengkapi table berdasarkan data
Bobot setiap jawaban tepat 20
Nilai siswa : jumlah jawaban benar x 20
Nilai maksimal : 5x20 =100
3. Keterampilan
a. Unjuk kerja (keterampilan) pada kegiatan menyanyikan lagu Berdayung dan mempraktikkan tepuk birama enam
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
| |
Ketepatan gerakan memukul meja dan bertepuk tangan
|
Konsisten dalam pergantian
|
Cukup konsisten, lebih banyak gerakan yang benar
|
Cukup konsisten, lebih banyak kegiatan tertukar
|
Tidak konsisten dalam pergantian
|
Kestabilan tempo birama enam
|
Tempo konsisten dan stabil (tempo tetap/tidak berubah sepanjang lagu)
|
Tempo stabil (tempo tetap/ tidak berubah sepanjang lagu)
|
Tempo kurang stabil (tempo agak berubah di sepanjang bagian lagu)
|
Tempo tidak stabil (tempo berubah-ubah sepanjang lagu)
|
Menyanyikan lagu Berdayung
|
Seluruh lirik dan irama dinyanyikan dengan tepat
|
Lebih dari 50% lirik dan irama dinyanyikan dengan tepat
|
Kurang dari 50% lirik dan irama dinyanyikan dengan tepat
|
Tidak ada lirik dan irama yang dinyanyikan dengan tepat
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Minuk Yamirah,SPd.
NIP. 195810221977112001
|
Bandung, Oktober2017
Guru Kelas III
Winy Win Widiany, S.Pd
NIP.197707232014102002
|
LEMBAR KERJA SISWA
BI. KD. 3.1
Tema 3 sub tema 2 Kegiatan pembelajaran 1
Nama kelompok :
Tanggal :
Jawablah pertanyaan dibawah ini!
1. Apa yang dimaksud dengan cuaca?
2. Bagaimana cara manusia pada umumnya mengenal kondisi cuaca?
3. Tulislah 3 hal yang mempengaruhi cuaca?
4. Apa nama lembaga yang bertugas melakukan prakiraan cuaca di Indonesia?
5. Kegiatan apa yang dapat dilakukan oleh pengrajin kerupuk saat cuaca cerah?
6. Kapan cuaca berwan terjadi ?
7. Bagaimana keadaan udara pada saat cuaca berawan?
8. Kegiatan apa yang dapat kamu lakukan saat cuaca berawan?
9. Mengapa saat cuaca mendung kita tidak boleh bermain di tempat terbuka?
10. Mengapa hujan membuat petani senang?
MTK. KD. 3.14
Tema 3 sub tema 2 Kegiatan pembelajaran 1
Nama siswa :
Tanggal :
Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini.
1. Ubi paling banyak dipanen di hari ................................................................
2. Ubi paling sedikit dipanen di hari .................................................................
3. Pada hari Selasa banyak ubi yang dipanen adalah ................................... kg.
4. Pada hari ....................... banyak ubi yang dipanen adalah 10 kg.
5. Jumlah total seluruh ubi yang dipanen adalah ......................................... kg.
0 komentar:
Posting Komentar