Senin, 17 April 2017

Bagaimana cara mengajarkan grafik konkrit yang berpadu dengan mengenal tumbuhan

 I. PENDAHULUAN
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum tematik terpadu, kita berharap dengan ini siswa mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna. Untuk mencapai harapan itu maka diperlukan sebuah pembelajaran yang dapat memancing kreatifitas dan minat siswa terhadap mata pelajaran tertentu, oleh karena itu pada tulisan kali ini saya mencoba berbagi pengalaman saya yang belum seberapa ini dengan rekan rekan sekalian, semoga bermanfaat dan dapat memberi inspirasi.


II. MENGAJARKAN GRAFIK KONKRIT BERPADU DENGAN MENGENAL TUMBUHAN
Cara atau langkah - langkah mengajarkan grafik konkrit berpadu dengan mengenal tumbuhan lebih lanjut dapat dilihat pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di bawah ini.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan       :     SDN SUKAKARYA
Kelas / Semester           :     II / 2
Tema 7                            :     Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 3                    :     Tumbuhan di Sekitarku
Pembelajaran Ke           :     2
Alokasi Waktu                :     (4 x 35 menit) 1 x Pertemuan


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1       Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1       Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Matematika
3.10    Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.9       Mengumpulkan dan mengelompokkan data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan grafik konkrit dan piktograf.


C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
3.1.10 Menjelaskan isi teks laporan sederhana tentang tumbuhan di sekitar.
4.1.7   Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan tumbuhan di lingkungan sekitar.

Matematika
3.10.   Mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar.
4.9.2   Menampilkan data yang dikelompokkan menggunakan grafik konkret.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  •        Siswa dapat mengidentifikasi berbagai tumbuhan.
  •        Dengan menyaksikan tayangan video pembelajaran, siswa dapat menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan tumbuhan di lingkungan sekitar.
  •        Dengan menggunakan tabel, siswa dapat mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar dengan penuh rasa ingin tahu.
  •       Siswa dapat menampilkan data yang dikelompokkan menggunakan grafik konkrit .

E.     MATERI PEMBELAJARAN
  •     Bagian tumbuhan


  •     Mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar.
  
  •      Menampilkan data yang dikelompokkan menggunakan grafik konkrit.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
 Pendekatan       : Saintifik
 Metode              : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan dan praktek

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  •       Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
  •       Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
  •       Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Tumbuhan di Sekitarku”.
  •       Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan
10 menit
Inti
  •       Guru megaitkan materi tentang tumbuhan dengan sikap bersyukur .
  •       Siswa menyanksikan tayangan video pembelajaran tentang bagian-bagian tumbuhan.
  •       Siswa mengerjakan LKS mengenai bagian-bagian tumbuhan.
  •       Siswa mengamati tumbuhan di sekitar sekolah dan membuat laporan dari hasil pengamatan.
  •       Siswa membacakan hasil laporannya di didepan kelas.
  •       Siswa duduk berkelompok dan mengamati sayuran/ buah-buahan yang  ada di atas meja mereka
  •       Bertanya jawab tentang buah/ sayuran tersebut
  •       Siswa mengukur panjang tiap buah/ sayuran dengan mengunakan alat ukur baku ( penggaris)
  •       Siswa mengurutkan buah/ sayuran tersebut berdasarkan ukuran terpanjang
  •       Siswa mengamati contoh grafik kongkrit
  •       Siswa secara berkelompok berdiskusi mengerjakan LKS membuat table sederhana dan grafik kongkrit sederhana
  •      Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas
120 menit
Penutup
  •       Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar hari ini
  •       Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
  •       Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
  •       Melakukan penilaian hasil belajar
  •       Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
10  menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
  •  Buku Siswa Tema : Merawat Hewan dan Tumbuhan Kelas II (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
  •  Video Pembelajaran tentang tumbuhan.
  • Buah-buahan dan sayur sayuran.
  • Kertas lipat, lem dan gunting.
  • Penggaris .
  • Contoh grafik hasil pengukuran panjang benda.
I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
          A. Penilaian pengetahuan
-  Menuliskan bagian bagian tumbuhan dan fungsinya 
   tes tertulis (skor 10/ Soal)
-  Mengurutkan panjang benda
   Tes tertulis ( skor 20/soal)

 B. Penilan Keterampilan
      - Membuat laporan tentang tumbuhan
Kriteria Penilaian
No
Kriteria/ Nilai
90
80
70
60
1
Penggunaan
huruf besar,
dan tanda
baca
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat dan
nama orang, serta
menggunakan tanda
titik di akhir kalimat.
Terdapat 1-2
kesalahan dalam
penggunaan huruf
besar dan tanda
titik.
Terdapat lebih dari
2 kesalahan dalam
penggunaan huruf
besar dan tanda titik
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan huruf
besar dan tanda
titik.
2
Kesesuaian
isi teks yang
ditulis dengan
tema
Seluruh isi teks yang
ditulis sesuai tema
Setengah atau lebih
isi teks sesuai tema
Kurang dari
setengah isi teks
sesuai tema
Seluruh isi teks
belum sesuai
dengan tema
3
Penulisan
Penulisan kata
sudah tepat
Terdapat 1-2 kata
yang belum tepat
penulisannya
Terdapat lebih dari
2 kata yang belum
tepat penulisannya
Seluruh kata
belum tepat dalam
penulisan.

-       Menyajikan Data ke dalam grafik kongkrit
               Kriteria Penilaian
No
Kriteria/ Nilai
90
80
70
60
1
Ketepatan
penyajian
Seluruh data
disajikan dengan
tepat.
Ada satu data yang
tidak tepat dalam
penyajian
Lebih dari satu data
tidak tepat dalam
penyajian
Semua data yang
disajikan tidak tepat
2
Tampilan
Rapi dan bersih
Rapi, namun kurang
bersih
Kurang rapi dan
kurang bersih
Tidak rapi


 Mengetahui                                                                         Bandung, 11 April 2017
Kepala Sekolah,                                                                  Guru Kelas II



(Minuk Yamirah,S.Pd )                                                      (Winy Win Widiany,S.Pd)
NIP.195810221977112001                                                   NIP. 197707232014102002



III. LEMBAR KERJA SISWA
Lembar kerja siswa pada pembelajaran kali ini adalah sebagai berikut :
  1. Lembar Kerja Siswa mengenal bagian tumbuhan


Lembar Kerja Siswa
  1. Nama siswa :
    Tanggal
    B. Indonesia KD 3.1
    Tulislah bagian tumbuhan dibawah ini!





    Tulislah fungsi bagian tumbuhan dibawah ini!
    1.    Akar  : ……………………………………………………………………………………………
    2.    Buah : ……………………………………………………………………………………………
    3.    Batang :……………………………………………………………………………………………
    4.    Bunga : ……………………………………………………………………………………………
    5.    Daun : ……………………………………………………………………………………………
    2. Lembar Kerja Siswa mengurutkan panjang benda dan membuat grafik konkrit
Lembar Kerja Siswa
Tanggal :
Nama kelompok :
Anggota :
Matematika KD 3.20 dan 4.9
I. Tulis nama buah/ sayuran yang ada di meja kalian dibawah ini!
1. ……………………………………………………………………………………
2.  …………………………………………………………………………………..
3. …………………………………………………………………………………..
4. …………………………………………………………………………………..
5. …………………………………………………………………………………..

II. Ukurlah pajang buah/ sayuran tersebut dan tuliskan dalam table di bawah ini!


NO
Nama buah/ sayuran
Panjang buah/ sayuran
1


2


3


4


5



 Berdasarkan table diatas isilah titik-titik dibawah ini!
1. Buah yang paling panjang adalah ………………….
2. Buah yang paling pendek adalah ……………………
3. Panjang buah yang  terpendek adalah ………………….
4. Panjang buah yang terpanjang adalah ……………………….
5. Urutan buah dari yang terpanjang adalah …………………………….

III. Buatlah grafik konkrit dari data pada table di atas!

IV. MEDIA PEMBELAJARAN

Dibawah ini adalah PPT  mengenai Bagian-bagian Tumbuhan dan Fungsinya sebagai media pembelajaran yang saya export kedalam bentuk video, Jika anda membutuhkan dalam bentuk PPT silakan kirimkan email dengan senang hati akan saya kirimkan.





V. FOTO-FOTO KEGIATAN PEMBELAJARAN
Contoh tabel dan grafik


Menjelaskan tentang tabel dan grafik


Siswa mengukur panjang sayuran

Siswa mengisi tabel

Siswa membuat grafik
Demikian tulisan saya kali ini semoga bermanfaat, mohon maaf jika masih terdapat banyak kekurangan baik dari penulisan, konten maupun penyajiannya.



0 komentar:

Posting Komentar